Jumat, 04 Maret 2011

Reduse, Reuse, Recycle

1. Recycle. . . . .
Recycle atau daur ulang sampah organik adalah pengolahan barang bekas di lingkungan sekitar. Misalnya seperti plastik bekas deterjen. Kita bisa mengumpulkannya dan dapat mengolahnya kembali. Kita bisa membuatnya menjadi tas atau taplak meja. Dengan begitu, plastik bekas itu masih bisa terpakai sampah di bumi pun semakin berkurang. Butuh berjuta-juta tahun untuk menguraikan plastik itu. Jadi kita harus menggunakannya semaksimal mungkin. Contoh lain juga ada, botol plastik bekas, kita bisa menggunakannya sebagai pot tanaman. Lebih hemat bukan?


2. Reduce. . .
Reduce atau mengurangi adalah mengurangi pemakaian bahan-bahan yang merusak lingkungan. Maksudnya seperti mengurangi pemakain plastik dan kertas. Usahakan membawa tas sendiri saat berbelanja. Untuk mengurangi pemakaian kertas, saat kita akan mencetak dokumen dari komputer biasanya kita salah dan harus mengulangnya kembali, itu pemborosan! Periksa dulu dokumen yang akan di cetak atau print preview. Biasakan mencetak kertas bolak-balik. Kurangi juga pemakaian kertas tissue dengan saput tangan. Saput tangan bisa kita gunakan berkali-kali sehingga tidak terjadi pemborosan.

3. Reuse. . .
Reuse atau penggunaan kembali. Misalnya saat kita mempunyai baju bekas, baju itu sudah tidak dipakai lagi bukan? kenapa tidak memberikannya kepada orang lain? Akan lebih berguna. Jadi kita tidak perlu membuangnya, karena itu akan menambah jumlah sampah!



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar